Bisnis Lobster Air Laut dan Gurame
17.38 | Author: delis
Setelah menjalankan bisnis lobster air tawar. Dimasa yang akan datang saya akan merencanakan ekspansi bisnis ke lobster air laut dan budidaya ikan gurame. Peluang di segmen ini selalu berkembang dari waktu ke waktu. Di dalam perkembangannya, permintaan terhadap lobster air tawar dan gurame selalu meningkat dari tahun ke tahun. Akan tetapi, hal ini tidak diimbangi dengan peningkatan supplier yang cukup signifikan (informasi ini diambil dari salah satu  siaran TV swasta).
Contoh produk
1.       1.Lobster air laut


1.       2.Ikan Gurame

Timmons’ Framework Identification

1.     Opportunities
a.       Variasi makanan yang bahan utamanya lobster air laut dan gurame semakin beraneka ragam.
b.      Permintaan akan lobster air laut dan gurame umumnya stabil dan cenderung meningkat. Akan tetapi, supplier masih kesulitan memenuhi permintaan konsumen (restoran, rumah makan, dll)
c.       Budidaya gurame memberikan peluang yang sangat besar, karena mulai dari bibit, gurame yang masih berukuran kecil, sampai yang besar dapat dimanfaatkan

2.     Resourses
a.       Dana yang memadai. Dana yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini relatif terjangkau.
b.      Sebagian besar karyawan memiliki pengetahuan dalam pembudidayaan lobster air laut dan gurame.
c.       Pihak ketiga banyak yang membantu dalam ekspansi bisnis ini karena memiliki prospek yang cerah
3.     Entrepreneur
a.       Bisnis ini dimulai karena adanya mimpi, niat dan motivasi yang besar dari diri pebisnis untuk mandiri, membuka peluang kerja bagi masyarakat sekitar, dan membawa kesejahteraan bagi pebisnis sendiri dan masyarakat sekitar
b.      Pengetahuan akan segmen bisnis yang dijalani merupakan satu sifat yang juga melekat dalam diri wirausahawan muda ini.
c.       Kecepatan dalam mengambil keputusan, flexibilitas yang tinggi diharapkan dapat menunjang keberhasilan bisnis ini nantinya.
d.      Strategi yang matang, menjadi penting karena kedepannya diharapkan dapat membawa bisnis ini bertahan dalam jangka waktu yang panjang
e.       Sifat ramah, bersahabat juga mempengaruhi bisnis ini kedepannya.
Opportunities Checklist
 Customer
 Better Opportunities
 Weaker Opportunities
Market structure
Online
Not online
Number of direct competitor
few
many
Number of  indirect competitor
few
many
Number of substitute
Few
many
Vendor
Weak
strong
Customer
Interested
Not Interested
Competition
Weak
Strong
Distribution
High Margin
Low Margin
Trends
Multiple and converging
 Few and Disparate
Window of Opportunity
Opening
Closing
Market structure
Online
Not Online
Market size
Greater than Supply
Less than Supply
Price
GM>30%
GN<30%
Value
On price
Penetration Price
Volume
High
Very High
This entry was posted on 17.38 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: